Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Rumah, Awal Sebuah Peradaban

Posting dari blog yang pengelolanya perkecimpung di dunia pendidikan dan ini merupakan postingan pertamama beliau.
Bertemakan "Rumah sebagai Awal dari Sebuah Peradaban".
Penulis berkecimpung di perencanaan bangunan rumah dan gedung.
Praktisi Pendidikan (1998 - sekarang) 17 tahun.
Dan yang jelas bukan siapa siapa bukan apa-apa.......
Silahkan berselancar semoga bermanfaat......

Komunitas negara adalah berasal dari sebuah kumpulan rumah-rumah, sehingga karena bertetangga (atau ada rumah lain) disebut sebagai rumah tangga. Dari rumah inilah muncul beberapa karakter seseorang. Berkarakter baik jika dalam rumah itu diberlakukan karakter yang sopan, baik, menghormati,budi pekerti luhur, santun, menerima perbedaan, disiplin dan sebagainya.
Dari sebuah bangunan yang bernama rumah ini menentukan karakteristik seseorang. Kita bayangkan jika dalam sebuah rumah tinggal beberapa anggota keluarga sementara situasi mohon maaf dalam sebuah rumah petak, sempit, pengap dan beberapa keterbatasan dan kekurangan. Pencahayaan, ventilasi, sanitasi, sistem pembuangan air kotor dan sebagainya.
Dari kondisi rumah yang diatas dapat kita membayangkan kondisi karakter yang mungkin terbentuk. Jelas tidak semua tapi pada kondisi kenormalan jelas akan membentuk karakter-karakter manusia yang tidak berkembang.
Dari sinilah sebuah peradaban berawal. Perencanaan rumah minimal harus disesuaikan dengan kebutuhan individu mulai dari tidur, aktivitas, hingga tidur lagi. Sehingga mengapa pemerintah perlu membentuk kementrian perumahan. Saya rasa sangat urgens sekali. Kemudian bagaimana sekarang kok masih banyak saudara-saudara kita yang tidak beruntung, masih bertempat tinggal di kolong jembatan misalnya ?
Jawabanya tentu belum efektifnya kementrian perumahan ini bekerja.Karena ini sebagai awal peradaban maka perlu sekali penanganan yang serius. Tentunya sinergi dengan instansi terkait.

Disadur dari : http://gambarrumah2017.blogspot.co.id/

Rumah ImpianKU

Share this article now on :

Post a Comment