Assalamu'alaikum ! welcome to Media Pendidikan.| Contact | Register | Sign In

Tentang Sumur Utsman

Sahabat Utsman bin Affan RA, termasuk salah satu sahabat yang terkenal hartawan, namun tetap bersikap dermawan, murah hati, dan perhatian terhadap sesama. 
Kepeduliannya membela agama Allah SWT tak lagi diragukan. Dalam banyak riwayat, sahabat yang dijuluki dengan gelar dzunnurain (pemilik dua cahaya) ini, ikut serta menyokong pendanaan perluasan Masjid al-Haram, Makkah dan Masjid Nabawi, Madinah. Saat meletus Perang Tabuk, ia bahkan menginfakkan 1.000 ekor unta dan 70 ekor kuda serta 1.000 dihram. Di antara contoh kedermawanan Ustman adalah Sumur Raumah, yang berlokasi di Madinah. 
Sumur ini dibeli Ustman dari seorang sahabat yang bernama Raumah al-Ghifari seharga 35 ribu dirham, lalu demi kepentingan banyak orang, sumur ini pun lantas diwakafkan untuk umum. Setelah lewat hampir kurang lebih 1.400 tahun, sumur ini ternyata masih bertahan.
Sumur ini terletak di sekitar Wadi al-Aqiq di daerah Azhari, yaitu kurang lebih 3,5 kilometer dari Masjid Nabawi atau sekitar 1 kilometer dari Masjid Qiblatain.
Kondisinya masih seperti sedia kala dan masih mengeluarkan air. Sumur ini sekarang dimanfaatkan Kementerian Pertanian Arab Saudi untuk mengairi perkebunan di sekitarnya. Menurut pakar sejarah Kota Madinah, Abdullah Kabir, sejarah mencatat tanah atau benda lain yang tak bergerak, yang diwakafkan atas nama Ustman cukup banyak. Namun sayangnya, kurang termaksimalkan pelestariannya. Beberapa di antaranya terkena dampak perluasan Masjid al-Haram seperti yang berada di samping Ribath al-Ajam. 

Read More »
05 May | 0komentar

Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW


 سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidilaqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
(QS. 7.Al-Isrā : 1)

Jika peristiwa hijrah dari Mekkah ke Madinah adalah tonggak penting dimulainya ihtiar kemanusiaan menyusun peradaban Islami, peradaban madani.
Maka peristiwa Isra mikraj adalah puncak perjalanan spiritual sangat penting mengungkap hal - hal ghoib dan misteri yang menjadi dasar - dasar keimanan.

Perintah sholat adalah pesan utama dari perjalanan isra mikraj. Tetapi  perjalanan untuk mencapai sidrotul muntaha mempunyai nilai-nilai yang bukan saja bersifat spiritual tetapi juga faktual.

Jika pikiran kita selalu meminta bukti hal - hal ghoib dan misteri dalam agama. Maka perjalanan isra mikraj adalah peristiwa yang menjawab semuanya.

Hadist panjang tentang isra mikraj menjadi bukti faktual bahwa perjalanan isra mikraj adalah perjalanan nyata, bukan fiksi. Atau perjalanan ruhaniah saja. Tetapi perjalanan nyata yang melibatkan panca indra dan kesadaran.

Dalam peristiwa isra' mikraj hampir semuanya bersifat "mustahil" bagi pikiran materialis positivism. Karena semuanya bersifat diluar batas nalar manusia.

Sebuah perjalanan sangat singkat menempuh dua kota yang sangat jauh, Mekkah sampai dengan Madinah (Isra). Dilanjutkan naik ke puncak alam semesta, Sidrotul Muntaha (Mi'raj). Dengan kendaraan Buroq. Buroq dalam keterangan hadist adalah binatang sejenis kuda. Berasal dari surga. Yang kecepatan larinya sangat cepat. Keterangan cepat begitu simbolis. Sedangkan pemandu perjalanan adalah malaikat Jibril. Buroq dan malaikat Jibril bagi Rasulullah bersifat nyata. Bukan ghaib lagi. (QS. An Najm, 53: 13~16)

Perjalanan isra' melintasi tempat - tempat penting. Antara Mekkah sampai Palestina. Dalam hadist diterangkan bahwa malaikat Jibril menandai Yastrib, yang kemudian berubah nama menjadi Madinah, sebagai tempat hijrah nantinya. Kemudian gunung Sinai. Atau Tursina yang berada di wilayah Mesir saat ini. Menandai tempat dimana Nabi Musa mendapat wahyu langsung dari Allah. Karena itu Nabi Musa dikenal sebagai Kalimullah.

Selanjutnya tempat sebelum ke Masjidil Aqsha adalah, Bethlehem (Baitullahmi). Tempat lahirnya Nabi Isa As. Keduanya berada di Yerusalem, Palestina.

Untuk membuktikan bahwa Rasulullah pernah datang ke Masjidil Aqsha, kaum qurais bertanya sangat detail. Sekalipun Rasulullah mampu menjawabnya dengan tepat. Kaum qurais tetap melakukan olok - olok, bahwa cerita Isra' Mi'raj adalah cerita rekayasa.

Peristiwa faktual mikraj Nabi ke langit adalah bukti rasional bahwa tak ada yang misteri dalam agama. Buktinya adalah Nabi telah diperlihatkan begitu nyata. Mulai bertemu para Nabi dan rasul Allah di level langit paling bawah sampai langit ke tujuh. Peristiwa ini sekaligus menjadi dalil bahwa para Nabi dan rasul Allah hidup. Hidup dalam Barzah Allah.

Mikraj Rasulullah juga membuka tabir alam akhirat, surga dan neraka. Alam Malakut, alam para Malaikat di Baitull Makmur (At thur, 4~6). Puncak pengalaman paling eksklusif yang dialami Rasulullah adalah ketika bertemu Allah langsung di Sidrotul Muntaha (An-Najm, 53:41-42). Dalam Al Quran disebut sebagai balasan yang sempurna. Hanya karena ijin Allah, Rasulullah, satu-satunya hamba Allah yang diperkenankan menghadap langsung kepadaNya. Bahkan Malaikat Jibril tak diizinkan mengikuti ke Sidrotul Muntaha. Puncak alam semesta.  (QS. An Najm, 53: 11~18).

Peristiwa Isra' Mikraj adalah gerbang pembuka alam ghaib yang menjadi dasar keimanan dalam Islam. Semua yang disebut ghaib secara kasat mata. Telah dibukakan secara nyata atas ijin Allah. Bertemu para Nabi dan Rasul sebelumnya. Surga - neraka, para malaikat. Alam semesta yang bertingkat mulai terbawah sampai puncak tertinggi . Serta bertemu langsung dengan Allah.

Pengalaman dan kesaksian Rasulullah bertemu langsung Allah, menjadi inspirasi para sufi mengalami hal sama secara ruhani ke Sidrotul Muntaha. Melalui mikraj sholat yang khusuk dan intens. Sebuah proses panjang yang berfokus dan berawal pada pembersihan hati, Tazkiyatun Nafs. Sebagaimana yang juga secara nyata Rasulullah dibersihkan hatinya oleh Malaikat Jibril sebelum melakukan perjalanan Isra Mikraj.

Bagi kaum rasional tetapi beriman. Peristiwa ini menjadi bukti faktual bahwa semua yang ghaib adalah ada dan eksis. Buktinya Rasulullah menyaksikannya . Dengan demikian, pernyataan Tiada Tuhan selain Allah. Yang kemudian diikuti dengan pernyataan bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Berimplikasi pada percaya secara penuh semua yang dinyatakan oleh Rasulullah.

Kesaksian yang ghaib oleh Rasulullah adalah referensi mutlak keimanan. Hanya dengan cara tersebut, keimanan kita menjadi kokoh dan kuat. Tanpa referensi tersebut, kita akan terus mencari. Dalam semesta pikiran tanpa arah dan ujung.


Wallahu a'lam bishawab.

Read More »
15 April | 1komentar

Nabi Diasuh di Bani Sa'ad



▶ MATERI 33 JILID 1 ◀

*Muhammad Kembali Ke Dusun*

Halimah dan suaminya mengembalikan Muhammad kepada Aminah. Alangkah bahagianya Aminah bertemu lagi dengan putra tunggalnya itu.

"Lihat! Kini engkau tumbuh menjadi anak yang tegap dan sehat!" ujar Aminah.

Aminah memandang Halimah dan suaminya dengan mata berbinar-binar penuh rasa terima kasih, "Kalian telah merawat Muhammad dengan baik, bagaimana aku harus berterimakasih?"

Halimah dan suaminya berpandangan dengan gelisah. Sebenarnya mereka merasa berat berpisah dengan Muhammad. Mereka amat menyayangi anak itu. Selain itu, sejak Muhammad datang, kehidupan mereka dipenuhi keberkahan.

"Kami cuma berharap andaikan saja engkau sudi membiarkan anak ini tetap bersama kami hingga menjadi besar. Sebab, aku khawatir ia terserang penyakit menular yang kudengar kini sedang mewabah di Mekah," pinta Halimah.

Aminah menyadari bahwa yang mereka pinta ada benarnya, tetapi hatinya bimbang karena hampir tak sanggup berpisah lagi dengan putranya. Namun, Abdul Muthalib datang. Bangga sekali ia melihat pertumbuhan cucunya yang begitu bagus di daerah pedalaman.

"Aku ingin Muhammad kembali ke Dusun Bani Sa'ad sampai ia berusia lima tahun," kata Abdul Muthalib, "agar ia di situ belajar berkata-kata dan telinganya terbiasa mendengarkan bahasa Arab yang fasih pula."

Aminah mengerti bahwa ia harus kembali melepas Muhammad demi masa depan putranya sendiri.

"Beri aku waktu beberapa hari bersama putraku, setelah itu bolehlah kalian membawanya kembali," kata Aminah.

Akhirnya, Muhammad pun dibawa kembali ke dusun Bani Sa'ad. Namun, di sana ia mengalami sebuah peristiwa yang sangat mengguncangkan. Peristiwa apakah itu?

Nantikan kelanjutan kisahnya besok..
Insya Allah 😊

🌺Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku Penerbit : Sigma🌺

▶Materi 33 Jilid 1 ◀

✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍
[8/4 16:21] Taufik Bandung: 🌴🌴🐪🐪🌴🌴🐪🐪🌴🌴

🎍ONE DAY ONE SIROH🎍

🏆 MATERI 34 JILID 1 🏆

Alhamdulillah,  Allah masih  memberi nikmat sehat, iman dan Islam pada kita semua.
Yuk kita lanjutkan kisah tentang  masa kecil Nabi  Muhammad صلى الله عليه وسلم, yang disusui oleh Bunda Halimah di sebuah dusun  di luar kota Mekah. 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّد


 🍁 *Pembelahan Dada* 🍁

Peristiwa itu terjadi tidak lama setelah keluarga Halimah kembali ke pedalaman. Saat itu umur Muhammad belum lagi genap tiga tahun.
Hari itu, Muhammad kecil ikut menggembalakan kambing bersama saudara- saudaranya. Tiba tiba salah seorang putra Halimah datang berlari-lari sambil menangis.

"Ada apa?" Tanya Halimah dan suaminya panik.
"Saudaraku yang dari Quraisy itu! Dia diambil oleh seorang laki laki berbaju putih. Dia dibaringkan! Perutnya dibelah sambil dibalik-balikkan!"

Halimah dan Harits segera berlari mencari Muhammad. Mereka menemukan anak itu sedang sendiri. Wajah Muhammad pucat pasi. Halimah dan suaminya memperhatikan wajah Muhammad baik baik.

"Apa yang terjadi kepadamu,Nak?" tanya mereka.
"Aku didatangi oleh seorang laki laki berpakaian putih. Aku dibaringkan lalu perutku dibedah. Mereka mencari sesuatu di dalamnya. Aku tak tahu apa yang mereka cari."

Tanpa bertanya lagi Halimah segera membawa Muhammad pulang. Hatinya dipenuhi kecemasan.

"Aku takut Muhammad didatangi dan digoda oleh jin "kata Halimah kepada suaminya.
"Lebih baik kita membawanya kembali ke Mekah, "jawab Harits
Sebenarnya siapakah seorang laki- laki itu?

Kita lanjutkan besok ya kisahnya...
In syaa Allah 😊


🌹 Kisah diambil dari buku Muhammad Teladanku Penerbit : Sigma 🌹

🏆 🏆

🌻🐝🌻🐝🌻🐝🌻🐝🌻🐝🌻🐝🌻🐝🌻🐝

Read More »
13 April | 0komentar

Keluarga Di Era "Now"


Anak adalah Peniru Ulung. Sikap mereka di sekolah, di lingkungan dan di masyarakat adalah cerminan bagaimana kehidupan mereka di rumah, yang tentu tidak terlepas dari teladan/didikan orang tua. Rumah merupakan madrasah (sekolah) pertama bagi tumbuh kembang anak dan orang tua adalah guru utama bagi tahun-tahun pertama kehidupan mereka. Disebabkan karena usia dini adalah usia meniru, maka orang tua adalah ‘model’ bagi anaknya. Oleh karena itu, keluarga menjadi ujung tombak dalam perkembangan sosio-emosinya. 
Menyikapi fenomena dan tantangan anak jaman “Now”, pola pendidikan orang tua tidak akan sama dengan pola pendidikan yang kita dapati dari orang tua kita dahulu (saya sekarang sebagai orang tua). Jaman dahulu (saya masih sekolah SD) semua serba sederhana,belum berkembang dengan menggunakan perangkat elektronik, perangkat lunak masih bersifat tradisional, radio, tape recoder, permainan menggunakan motorik sangat dominan. Anak-anak pada zaman sekarang sudah langka melakukan permainan petak umpet, lompat tali,egrang, ular naga panjang,engklek,congklak, kelereng, gobag sodor, kucing-kucingan dan permainan tradisonal lainnya. 

Sumber gambar : PUSKAKOM (Pusat Kajian Komunikasi) UI,2014

Ibarat pepatah yang sudah kita kenal, Lain lading lain belalang, lain zaman lain juga permainan. Zaman Now, interaksi anak untuk bermain bisa dikatakan berhadapan dengan layar atau disebut juga jaman ‘layar’, layar televisi, handphone, komputer atau laptop, game, dan internet. perlu mendapat perhatian dan pengawasan orangtua terhadap apa yang dilihat anak di layar-layar media elektronik tersebut. Demikian pula dengan jenis dan bentuk permainan anak di zaman digital ini seperti play stastion, game online, jejaring sosial, youtube, instagram, dan berbagai permainan yang berbasis IT lainnya. Bagaimana peran orangtua dalam menjaga anak-anaknya dari dampak negatif dunia layar, dan bagaimana memanfaatkan dunia layar bagi kebaikan hidup mereka? Perlu dipahami bahwa tugas orangtua menjaga anak-anak mereka dari dampak negatif dunia layar bukan berarti menutup rapat-rapat anak mereka dari dunia layar sama sekali. 
Penelitian yang dilakukan oleh Nasrun Faisal (2016) mengungkapkan bahwa pola asuh yang tidak otoriter oleh orang tua disertai penjelasan dan pengawasan penggunaan media digital diperlukan sehingga anak akan menggunakan media tersebut sesuai kebutuhan. Pemberian penjelasan adalah bentuk pemahaman orang tua terhadap sesuatu aplikasi sehingga orang tua dapat memandu dengan benar. 
 

Globalisasi dengan segala dampaknya sudah tidak dapat dibendung lagi kedahsyatannya, dan oleh sebab itu keluarga sebagai lingkungan terkecil harus bisa menyiapkan pendidikan untuk berlayar di lautan modernisasi.Upaya-upaya untuk mengantisipasi serbuan situs pornografi pada dampak negatif penggunaan internet, berbagai internet software ini sedikit banyak bisa mengurangi efek penetrasi pornografi yang ditimbulkan. Sebut saja Solid Oak Softwarei, dengan produk andalannya Cybersitter. Software ini bekerja melalui tiga tahap; mengunci akses ke URL (Uniform Resource Locator) tertentu (Web, FTP Sites, dan Unsenet News Gruop)` yang kedua adalag dengan meyensor key words tertentu, dan yang terakhir berfungsi sebagai penyensor file-file tertentu. Disamping cybersitter, software lainnya yang cukup populer adalah Net Nanny dan Surf Watch. Kedua software ini, disamping memiliki keunggulan seperti yang dimiliki oleh cybersitter, juga memiliki kemampuan untuk menyensor IRC chat rooms, Gopher, dan E-mail. Sekalipun banyak kelemahan yang tedapat pada berbagai software tersebut, akan tetapi paling tidak orang tua bisa sedikit bernafas lega dan tidak berprasangka buruk terhadap teknologi. 

Komitmen 

Diperlukan komitmen bersama antara orang tua dan anak untuk membatasi diri penggunaan media elektronik dengan merencanakan jadwal penggunaannya. Tentunya hal ini berlaku bagi semua anggota keluarga (orang tua, anak yang dewasa,mahasiswa dan anak-anak yang masih usia sekolah dasar). Orangtua hanya berusaha membatasi waktu anak-anak dalam dunia internet, seimbangkan waktu mereka dengan keluarga-saudara-teman, dan lain-lain. Buatlah kesepakatan dengan anak mengenai durasi dan aturan menggunakan digital. Buatlah jadwal penggunaan digital. Kemudian berhentilah bermain digital saat makan bersama, jangan makan di depan televisi atau layar apa pun, jadikan obrolan anda di seputar meja makan sebagai layar. 
Beberapa solusi terkait dengan komitmen penggunaan waktu dalam keluarga diera digital ini diantaranya: 

  1. Menjalankan fungsi dan tatanan keluarga dengan baik (yaitu kerjasama antara Ayah dan Bunda), 
  2. Membuat kesepakatan dengan anak, me-manage aktivitas harian mereka mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, tanpa mengekang hak bermainnya termasuk menikmati suguhan gadget mereka. Hal yang terpenting adalah, hindari menggunakan gadget saat bersama anak, karena hal itu akan membuat anak meniru prilaku buruk orang tua tersebut; 
  3. Ciptakan kebersamaan dengan anak sebaik mungkin (tanpa gangguan gadget), untuk melatih anak agar mereka selalu terbuka pada orang tua dan tidak mencari tempat curhat lain selain orang tuanya;
  4. Usahakan 30 menit dalam 24 jam yang kita punya, untuk mengevaluasi aktivitas hariannya, berdialog mendengarkan curahan hati dan perasaan mereka. Meski tidak dapat memberi solusi, setidaknya jadilah orang tua yang bersahabat, yang selalu membuat anak merasa nyaman dan terbuka dengan kita. 


 Alternatif Kegiatan 

Berikan keragaman pada anak dari digital ke buku, bacakan cerita, berjalan jalan ke perpustakaan atau toko buku, banyak beli kaset film rohani, lagu anak yang mendidik, dan sebagainya. Hindari penggunaan digital di depan anak karena anak akan mudah meniru. Orangtua harus mengerti terhadap perkembangan dunia digital agar dapat mendampingi, mengawasi, mengontrol dunia digital anak-anaknya. Jangan malas untuk belajar hal baru. Kemudian, keluarga hendaknya punya ruang digital, di ruang terbuka, bukan di kamar tertutup. Terbiasa melakukan interaksi dengan seluruh anggota keluarga secara terbuka.

Semua masalah anak akan segera menyampaikan kepada orang tua.Hal ini tentunya sudah dilatih dengan menerapkan pola asuh yang terbuka. Usia remaja adalah usia yang membuat anak-anak terobsesi mengikuti setiap fantasi yang ada didalam fikiran mereka. Terutama bagi remaja diera digital, tontonan acapkali menjadi tuntunan; meniru dan mecomplak setiap tokoh yang diidolakan. Mereka mulai silau dengan fana dan fatamorgana. 
Kebahagiaan dan kesenangan selalu menjadi keniscayaan. Bahkan tidak sedikit remaja kekinian lupa dengan cita-cita yang dulu mereka gadang-gadangkan dimasa kanak-kanaknya. Terlebih diera digital ini, kejahatan media terhadap anak semakin tak kenal ampun. Fakta membuktikan, semua teori perkembangan seks pada anak, tumbang seiring perkembangan teknologi. 
Pakar psikologi anak mengamati, realitas anak dan remaja di era digital ini cenderung mudah bosan, stress berkepanjangan, selalu merasa kesepian meski di keramaian, takut dimarahi dan mudah lelah. Semua jenis layar, membuat otak dan mata anak menjadi fokus. Bukan fokus aktif, melainkan fokus pasif. Sehingga, anak tidak lagi aware dengan lingkungan. Maka dari itu, perlu rasanya digalakkan durasi sehat digital; 15-20 menit bagi anak usia 3-5 tahun, 60 menit bagi anak rentang usia 6-7 tahun, dan 2 jam saja bagi anak usia diatas 7 tahun, tentu tidak dengan memberikan keseluruhan waktu itu untuk mereka menikmati gadget-nya, melainkan diselingi dengan aktfitas produktif mereka.

Penanaman Aqidah 

Keimanan Semua agama pasti sepakat bahwa keimanan adalah pondasi dasar bagi tumbuh berkembangnya anak. Pada usia pendidikan dasar (SD dan SMP) orang tua harus bisa menjadi sahabat. Penanaman pondasi keimanan akan menjadi benteng bagi anak dari gempuran musuh-musuh modernisasi. Jangan biarkan masa remaja anak-anak kita rusak diperbudak modernisasi dan budaya kebarat-baratan. Remaja yang rusak adalah kegagalan penanaman aqidah dan akhlakul karimah diusia emas. Tegas tidak harus keras. Tetapi tegas, harus tegaan. Maksimalkan pendidikan anak di setiap fase perkembangannya, sebelum mereka tumbuh menjadi pribadi yang gagal dan kehilangan masa depannya.


Hasil penelitian yang dilakukan oleh Apriyani Dwi Latifah (2016) menyatakan bahwa urgensi menanamkan nilai-nilai akidah pada anak dikarenakan nilai-nilai akidah sangat berpengaruh terhadap keyakinan (keimanan) anak. Karena akidah merupakan pondasi awal dan hal yang fundamental dalam mendidik keagamaan anak sebelum memberikan pendidikan ibadah dan pendidikan lainnya. Nilai-nilai akidah mengandung pengertian rukun iman yang dapat diimplementasikan melalui sikap dan perilaku sehari-hari. Dengan demikian anak akan terhindar dari perilaku yang tidak dibenarkan oleh agama dengan arahan dari orang tua yang merupakan lembaga pendidikan utama bagi anak. Menanamkan nilai-nilai akidah pada anak dapat dilakukan dengan metode Kasih Sayang, metode dialog Qur’ani dan Nabawi (bagi beragama Islam), metode Kisah, metode Ibrah, metode Keteladanan, metode Pembiasaan, metode Memberi Nasihat, metode Perumpamaan, metode Motivasi dan Intimidasi, serta metode doa. #sahabatkeluarga 

Sumber: 
Abeng Eddy Adriansyah Dkk, jendela Keluarga. Cet. III; Bandung: MQS Publishing, 2015. 
Alief Budiyono,Sikap Asertif dan Peran keluarga Terhadap Anak : Komunika, Vol. 6, 2012
https://sugithewae.wordpress.com/2012/05/05/pendidikan-dalam-lingkungan-keluarga/ 
Yee-jin Shin, Mendidik Anak Di Era digital. Cet. I;Bandung: PT Mizan Publik, 2014. 
Nasrun Faisal, Pola Asuh Orang Tua Dalam Pendidikan Era Digital: An-Nisa’, Volume IX Nomor 6,2016 
Apriyani, Dwi Latifah (2016) MENANAMKAN NILAI-NILAI AKIDAH PADA ANAK DALAM KELUARGA (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

Read More »
13 April | 1komentar